Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DI KOPERASI BINA SEJAHTERA CABANG PALU
ABSTRAKSI
I Wayan Samuel Adytia, C 201 12 350. Judul Penelitian “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Anggota Di Koperasi Bina Sejahtera Cabang Palu”. Dibimbing oleh : Pembimbing IBapak H. Syamsul Bachri Daeng Parani,SE. M.M dan Pembimbing II Bapak Benyamin Parubak, SE. M.M
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan baik secara parsial dan serempak terhadap kepuasan anggota di koperasi Bina Sejahtera cabang Palu. Variabel independen (X) kualitas layanan yang memiliki 5 dimensi kehandalan (reliability),daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance),empati (empathy), dan bukti fisik(tangibles), sedangkan variabel dependen (Y) adalah kepuasan anggota. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kausal, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 83 sampel dengan teknik pengambilan simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dimensi kulitas layanan yang terdiri dari kehandalan (reliability),daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance),empati (empathy), dan bukti fisik(tangibles) secara serempak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan anggota koperasi Bina Sejahtera cabang Palu, secara parsial dimensi daya tanggap (responsiveness) dan bukti fisik(tangibles) tidak berpengaruh signifikan, sementara dimensi kehandalan (reliability),jaminan (assurance), dan empati (empathy) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan anggotadi koperasi Bina Sejahtera cabang Palu.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Anggota
Tidak tersedia versi lain