Text
ANALISIS ANTRIAN PELAYANAN NASABAH PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BUNGKU.
ABSTRAK
HILDA, C201 14 321. “ANALISIS ANTRIAN PELAYANAN NASABAH PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BUNGKU”Dibimbing
Oleh Saharudin Kaseng Sebagai Pembimbing I dan
Husein H. Moh. Saleh Sebagai Pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrian pelayanan yang optimal pada bagian teller yang ada pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Bungku. Metode analisis yang digunakan adalah M/M/1 atau Single Channel Single Phase, tetapi untuk membandingkan optimal atau tidaknya antrian pelayanan nasabah pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Bungku apabila menambahkan satu teller pada waktu padat sehingga digunakan metode analisis M/M/S atau Multi Channel Single Phase. Disiplin antrian yang digunakan adalah First Come First Served (FCFS) yaitu pelanggan yang datang pertama akan dilayani terlebih dahulu.
Hasil analisis dengan menggunakan satu teller pada penyetoran tunai waktu padat adalah probabilitas dalam sistem adalah sebesar 0,0572. Tingkat utilitas teller adalah 0,94 atau 94 %, jumlah nasabah rata-rata dalam sistem adalah 17 orang, waktu rata-rata yang dihabiskan oleh seorang nasabah untuk menunggu dalam antrian adalah selama 0, 4714 jam atau 28 menit 16 detik, waktu rata-rata yang dihabiskan nasabah dalam sistem adalah 0,5 jam atau 30 menit, sedangkan dengan menggunakan dua teller dapat dilihat probabilitas dalam sistem adalah 0,350 atau tidak ada orang dalam sistem. Tingkat utilitas teller berkurang menjadi 0,48 atau 48 %, jumlah rata-rata nasabah dalam sistem adalah 1 orang, ini menunjukkan bahwa nasabah yang mengantri dalam sistem sudah optimal. Jadi, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penambahan satu teller pada waktu padat dapat mengoptimalkan pelayanan yang ada pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Bungku.
Kata Kunci : Sistem Antrian, Optimal.
Tidak tersedia versi lain