CD-ROM
Analisis Penerapan Customer Relationship Management Dalam Rangka Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Lariz Mulia Hotel Di Kota Palu
ABSTRAK
Muhammad Amin Rais, “Analisis Penerapan Customer Relationship Management Dalam Rangka Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Lariz Mulia Hotel Di Kota Palu”. Dibimbing oleh Dr. Harifuddin Thahir, SE., M.Si dan Farid, SE, MM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Secara simultan customer relationship management (CRM) yang terdiri dari fasilitas, pelayanan, administrasi, pemanfaataan TI berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (2) Secara parsial fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (3) Secara parsial pelayanan berpengaruh terhadap lepuasan pelanggan, (4) Secara parsial administrasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (5) Secara parsial pemanfaan TI berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang dirumuskan, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kosumen yang pernah menggunakan jasa layanan, teknik pengambilan sampel yang di gunakan Sampling Insidental adalah penentuan sampel berdasarkan kebetulan dan jumlah sampel 95 responden, pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya metode analisis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara simultan customer relationship management (CRM) yang terdiri dari fasilitas, pelayanan, administrasi, pemanfaataan TI berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (2) Secara parsial fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (3) Secara parsial pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (4) Secara parsial administrasi berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan, (5) Secara parsial pemanfaatan TI berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Customer relationship management (CRM) dan Kepuasan konsumen
Tidak tersedia versi lain