Text
PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GRAB DI KOTA PALU
PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GRAB DI KOTA PALU
Nurul Magfira, C20116096. Dibimbing oleh Syamsul Bachri
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Grab di Kota Palu. Dimensi e-service quality yang digunakan pada penelitian ini adalah ease of use, website design, reliability, system availability, privacy, responsiveness, empathy, experience, trust. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan bentuk penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara serempak e-service quality (ease of use, website design, reliability, system availability, privacy, responsiveness, empathy, experience, trust) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Grab di Kota Palu. Selanjutnya secara parsial reliability, empathy, dan experience, tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Grab di Kota Palu, sedangkan ease of use, website design, system availability, privacy, responsiveness, dan trust berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Grab di Kota Palu. Penting bagi aplikasi Grab untuk memberikan pelayanan yang baik agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: E-Service Quality dan Kepuasan Pelanggan.
Tidak tersedia versi lain